Aksesoris Gitar

Aksesoris Gitar - Hallo sahabat Chord Gitar Indonesia, Pada sharing Kunci gitar kali ini yang berjudul Aksesoris Gitar, saya telah menyediakan lirik lagu lengkap dengan kord gitarnya dari awal lagi sampai akhir lagu. mudah-mudahan isi postingan kunci gitar yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia chord gitarnya.

Penyanyi : Aksesoris Gitar
Judul lagu : Aksesoris Gitar

lihat juga


Aksesoris Gitar

Walaupun gitar sudah dapat dimainkan tanpa alat-alat berikut, namun penggunaan berbagai aksesoris dapat dipakai untuk mempermudah dalam memegang dan memainkan gitar.

Dibawah ini adalah alat - alat aksesoris gitar untuk mempermudah penggunaan gitar  

  1. Pick / Fingerpick 
Pick atau Fingerpick gunanya buat ngebantu pemain gitar buat memetik senar gitar. Ada perbedaan yang sangat mencolok antara keduanya, terutama dalam hal penggunaan. Untuk pick, caranya dipegang menggunakan 2 jari atau lebih (terutama jempol dan telunjuk). Namun untuk fingerpick, cara memakainya tinggal dimasukkan saja ke jari. Fingerpick biasanya digunakan gitaris handal seperti Sungha Jung menggunakan teknik fingerstyle dalam memainkan gitar akustik.




           2.  Capo

  Capo adalah alat penjepit senar. Biasanya digunakan untuk menaikkan nada dasar setiap senar.Capo biasanya digunakan menjepit semua senar gitar, tapi ada juga yang menjepit beberapa senar saja sesuai kebutuhan, tujuannya tak lain dan tak bukan adalah untuk mendapatkan nada yang lebih tinggi dan variatif ketika senar dibunyikan. Contoh penggunaannya, misalkan Capo dijepitkan pada fret 2 dan membentuk chord C, maka bunyi chord tersebut adalah D. Hal ini udah Beater jelasin sebelumnya bahwa fungsi utama capo adalah menaikkan nada pada senar.

        3.  Guitar Stand / Hanger

Dari namanya saja Beater pasti udah kebayang gimana bentuk dan fungsinya. Yang jelas, fungsi utamanya mengandung unsur praktis, memudahkan pemilik untuk meletakkan gitar.






       4. String Winder

String Winder adalah alat untuk memutar alat pemutar yang berada di headstock/ kepala gitar. Fungsinya agar pemutaran pemutar senar dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. String Winder biasanya digunakan untuk mengganti senar gitar agar lebih cepat. Tidak disarankan untuk menyetem senar gitar, dikarenakan String Winder dapat memutar secara berlebihan yang berakibat putusnya senar gitar.



      5. Strap

Strap lebih dikenal masyarakat dengan istilah tali gitar, yang fungsinya dimanfaatkan ketika seorang gitaris memainkan gitar sambil berdiri. Biasanya Strap dipakai pada gitar elektrik, tapi sebenarnya banyak yang memfungsikannya pada gitar akustik.



     6.  Soft/Hardcase

Soft/Hardcase gitar adalah tas untuk menyimpan gitar. Fungsinya adalah untuk melindungi gitar dan memudahkan pemilik gitar untuk membawa gitarnya. Perbedaan antara Softcase dan Hardcase terlihat pada bentuk dan fungsinya. Softcase biasanya berbahan dasar kulit/ kain, sedangkan hardcase berbahan dasar plastik atau semacamnya yang fungsi khususnya adalah untuk menjaga keutuhan gitar ketika dibawa kemana mana.



      7. Tunner

Tunner adalah alat untuk mempermudah dalam menyetem gitar. Cara kerja alat ini adalah mendeteksi dan menampilkan pitch saat gitar dimainkan. Ada 2 jenis Tunner yang biasa dikenal, yaitu Tunner Portable yang biasa disimpan di saku dan Tunner Klip yang biasa dijepitkan pada head gitar.


    
     8. Pickup, Preamp, Soundhole

Pickup adalah aksesoris untuk menang kap suara senar gitar kemudian dikirim ke sound system (preamp, speaker, sound effect, dll.). Biasanya aksesoris ini ditempatkan di dalam gitar, tetapi ada juga pickup yang hanya ditempelkan pada head gitar atau soundhole. Pream berfungsi sebagai equalizer sederhana pada suara senar gitar yang diyangkap oleh pickup gitar. Biasanya terdiri dari 2 - 6 pengaturan. Soundhole gitar adalah lubang untuk menancapkan kabel jack gitar, guna menghubungkan preamp gitar ke sound system.

Pickup


Preamp


Soundhole

     9. Guitar Pickguard

Guitar Pickguard berguna untuk melindungi body gitar dari lecet yang diakibatkan oleh genjrengan atau petikan oleh kuku jari. Sebenarnya penggunaannya secara umum hanya untuk hiasan saja
 



       10.  Slider

Slider biasanya digunakan gitaris yang memainkan musik bergenre country dan blues dan menggunakan teknik slide.Cara penggunaanya hanya tinggal memasukkan jari kelingking atau jari manis ke dalam slider yang berbentuk silinder ini.




   
       11.  Screeching Halt

Screeching Halt kegunaannya untuk menutup lubang gitar akustik agar tidak mengalami feedback , serta meningkatkan suara pada gitar akustik.

 



Demikianlah Artikel Aksesoris Gitar

Sekian Kunci gitar Aksesoris Gitar, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan Chord gitar lagu kali ini.

Anda sedang membaca artikel Aksesoris Gitar dan artikel ini url permalinknya adalah https://duniachordterbaru.blogspot.com/2015/01/aksesoris-gitar.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Aksesoris Gitar"

Post a Comment