panduan belajar kunci gitar dan chord dasar lengkap dan mudah

panduan belajar kunci gitar dan chord dasar lengkap dan mudah - Hallo sahabat Chord Gitar Indonesia, Pada sharing Kunci gitar kali ini yang berjudul panduan belajar kunci gitar dan chord dasar lengkap dan mudah, saya telah menyediakan lirik lagu lengkap dengan kord gitarnya dari awal lagi sampai akhir lagu. mudah-mudahan isi postingan kunci gitar yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia chord gitarnya.

Penyanyi : panduan belajar kunci gitar dan chord dasar lengkap dan mudah
Judul lagu : panduan belajar kunci gitar dan chord dasar lengkap dan mudah

lihat juga


panduan belajar kunci gitar dan chord dasar lengkap dan mudah

Bermain gitar kelihatan gampang-gampang susah namun asik. Kalau ada niatan untuk bisa pasti akan cepat dan mudah menguasai kunci gitar dan teknik permainannya. Untuk yang baru mulai berlatih siap-siap berkorban. Karena gitar sangat berhubungan dengan jari-jemari dan senar gitar yang kencang. Relakan jari jemari yang lentik untuk menekan senar gitar yang terpasang dengan kuat dan kencang. Karena baru mulai berlatih, ujung-ujung jari akan mudah melepuh. Jangan kuatir, segala sesuatu itu butuh pengorbanan.

Belajar Kunci Gitar

Pada dasarnya kunci gitar ada 7 yaitu G A B C D E F dan masing-masing kunci gitar mempunyai 3 bentuk dalam prakteknya. Kunci gitar dasar terbagi menjadi dua yaitu kunci dasar gitar mayor dan kunci dasar gitar minor.
Sebelum masuk ke panduan belajar kunci gitar dasar mayor dan minor akan saya sampaikan simbol-simbol untuk mempermudah belajar dan berlatih. Dan jangan lupa stem gitar terlebih dulu silahkan klik cara mudah stem gitar, stel gitar standar dan bebas
Tangan kiri
kunci gitar
doc.pribadi

  •  Angka 1 menunjukkan jari telunjuk
  •  Angka 2 menunjukkan jari tengah
  •  Angka 3 menunjukkan jari manis
  •  Angka 4 menunjukkan jari kelingking
  •  Angka 5 menunjukkan ibu jari

Kunci dasar mayor

Pada penulisannya kunci gitar mayor ditulis dengan huruf besar, misal kunci c mayor ditulis C saja dan berlaku untuk kunci dasar gitar mayor lainnya.

1. Kunci dasar gitar G

chord gitar
kunci gitar
Chord dasar atau kunci dasar gitar G terdiri dari nada G, B dan D. Kunci gitar G nadanya masih utuh belum ada yang dinaikkan atau diturunkan. Tetapi kalau dijadikan sebagai nada dasar ada satu notasinya yang sudah dinaikkan yaitu 7 (si) atau F#.

2. Kunci dasar gitar A

chord gitar
kunci gitar

Chord dasar atau kunci dasar gitar A terdiri dari nada AE dan C#. Nada C# adalah nada C yang dinaikkan setengah nada atau pada papan gitar maju satu kolom.

3. Kunci dasar gitar B

chord gitar
kunci gitar

Chord dasar atau kunci dasar gitar B terdiri dari nada BD# dan F#. Kunci gitar B terdapat dua nada yang sudah dinaikkan.

4. Kunci dasar gitar C

chord gitar

Chord dasar atau kunci dasar gitar C terdiri dari nada CE dan G. Kunci gitar C semua nadanya masih utuh dan menjadi nada natural. 

5. Kunci dasar gitar D

kunci gitar
knci gitar
Chord dasar atau kunci dasar gitar D terdiri dari nada DA dan F#. Posisi kunci gitar ini sangat mudah untuk dimainkan. Orang yang baru pertama kali memegang gitar pun dapat memainkan kunci dasar gitar ini dengan hasil suara yang nyaring.

6. Kunci dasar gitar E

chord gitar
kunci gitar

Chord dasar atau kunci dasar gitar E terdiri dari nada EB dan G#. Bentuk kunci dasar gitar E sama seperti Am hanya posisi senarnya yang berbeda.

7. Kunci dasar gitar F

chord gitar
kunci gitar
Chord dasar atau kunci dasar gitar F terdiri dari nada F, A dan C. Kunci gitar F nadanya juga masih utuh belum ada yang dinaikkan atau diturunkan. Tetapi kalau dijadikan sebagai nada dasar ada satu notasinya yang sudah dinaikkan yaitu 4 (fa) atau A#.

Kunci dasar minor

Perbedaan dengan kunci gitar mayor, penulisan kunci gitar minor ditambahi dengan huruf m kecil, misal kunci a minor ditulis Am dan berlaku untuk kunci gitar minor lainnya. Panduan kunci dasar gitar ini untuk mempermudah pembelajaran.

1. Kunci dasar gitar Am

chord gitar
kunci gitar
Chord dasar atau kunci gitar Am terdiri dari nada A, C dan E. Kunci gitar minor lebih dekat dengan irama dan suasana yang sedih atau pilu. Bentuk kunci gitar Am ini mirip dengan chord dasar E.

2. Kunci dasar gitar Bm

chord gitar
Chord dasar atau kunci gitar Bm terdiri dari nada B, D dan F#. Posisi chord Bm lebih maju satu kolom di papan gitar dibanding dengan chord dasar lainnya.

3. Kunci dasar gitar Dm

chord gitar
kunci gitar

Chord dasar atau kunci dasar gitar Dm terdiri dari nada D, A dan F. 

4. Kunci dasar gitar Em

chord gitar
Chord dasar atau kunci dasar gitar Em terdiri dari nada EB dan G. Cara memainkannya sangat mudah karena cukup dengan dua jari yang menekan senar gitar digenjreng semua senarnya  suara sudah harmonis.

5. Kunci dasar gitar Fm

kunci gitar
Chord dasar atau kunci dasar gitar Fm terdiri dari nada F, G# dan C. Siapkan tenaga ekstra untuk jari telunjuk karena harus menekan tiga senar sekaligus.

Pada kunci gitar minor di atas hanya 5, bukan berarti yang dua kunci yaitu kunci dasar C dan G tidak ada minornya, hanya saja posisinya lebih maju. Untuk kunci atau chord dasar Gm posisinya sama seperti Fm dinaikkan 1 nada atau maju dua kolom pada papan gitar. Sedangka kunci atau chord dasar Cm posisinya sama dengan Bm dinaikkan setengah nada atau maju satu kolom pada papan gitar.

 Penjarian dengan panduan belajar kunci gitar

Waktu memainkan kunci gitar ibu jari usahakan berada di tengah-tengah setang (neck) gitar dan sejajar dengan jari tengah. Hal ini untuk memudahkan pergerakan jari dan menambah kekuatan jari dalam menekan senar pada waktu memainkan kunci gitar atau chord.

Ada beberapa teknik agar lebih cepat melakuan perpindahan dari kunci dasar gitar yang satu ke chord dasar lainnya. Di bawah ini ada beberapa teknik penjarian dengan chord dasar:

Teknik penjarian dengan chord dasar.

  1. Mainkan kunci  gitar Am empat kali genjrengan pindah ke kunci C empat genjrengan juga. Yang pindah hanya jari manisnya saja, jari yang lain tetap pada posisinya. Ulangi terus sampai jari hafal dengan kunci gitarnya.
  2. Mainkan kunci dasar gitar D empat kali genjrengan pindah ke kunci Dm empat genjrengan juga. Yang bergerak pindah  jari telunjuk dan jari tengah, jari manis tetap pada posisinya. Ulangi terus sampai jari hafal dengan kunci gitarnya.
  3. Mainkan kunci dasar gitar F empat kali genjrengan pindah ke kunci C empat genjrengan juga. Yang pindah jari tengah dan jari manis, sementara jari telunjuk tetap pada posisi senar nomor dua sambil melepaskan senar nomor satu.
  4. Mainkan kunci  gitar Am empat kali genjrengan pindah ke kunci E empat genjrengan juga. Semua jari serentak pindah dengan merapatkan jari agar tidak rubah dari bentuknya.
  5. Mainkan kunci  gitar Em empat kali genjrengan pindah ke kunci G empat genjrengan juga. Yang pindah hanya jari manisnya saja, jari tengah tetap pada posisinya dan jari kelingking dilatih untuk menekan senar nomor 1 kolom 3 pada papan gitar. Ulangi terus sampai jari hafal dengan kunci gitarnya.
Senam jari atau penjarian sangat penting untuk memperkuat jari dan membiasakan pergerakan-pergerakan jari.

Teknik penjarian kunci gitar dengan memainkan lagu

Untuk berlatih carilah lagu yang menggunakan chord dasar yang mudah-mudah dulu. Nanti kalau jari jemari sudah lancar pergerakannya, kembangkan dengan merubah nada dasar. Misal semula lagu nada dasarnya Do=C dan memainkannya sudah enjoy rubah nada darnya menjadi Do=G atau yang lainnya.

Contoh kunci dasar gitar dalam lagu

Lagu Sayang Via Vallen

Do=C
Intro : C....Em....Dm....F....G....C


                                 C                              Em            Am                                    Em.....G
Sayang apa kowe krungu jerite atiku mengharap engkau kembali

                                  F            G                   Em      Am      F        G                   C
Sayang nganti memutih rambutku ra bakal luntur tresnoku

       C                                                                        Em
Wis tak coba nglalekake jenengmu seko atiku sak tenane ra ngapusi isih tresno sliramu

                                    Am
Duko pujaning ati nanging kowe ra ngerti 

                    G                                                                            F                                 G
Kowe wis tak wanti-wanti malah jebul saiki ...kowe mblenjani janji

                                        C                             Am                             F                                 G
Jare sehidup semati nanging opo bukti kowe medot tresnaku demi wedokan liyo

                                                                     C
Yo wis ra po po insaya Allah aku iso lilo

                      Am                                 Em                                  F              G              C
Meh sambat kaleh sinten yen sampun makaten.....merana uripku

             F                          G           Em              Am                F                                            G
Aku welasono kang mas aku mesakno aku.. aku nangis nganti metu eluh getih putih

                             C                               Em              Am                                   G
Sayang apa kowe krungu jerite atiku mengharap engkau kembali

                                  F             G                  Em      Am     F        G                    C
Sayang nganti memutih rambutku ra bakal luntur tresnoku

                      C
Hari demi hari uwis tak lewati yen pancen dalane kudu kuat ati

                     Em
Ibarate sego uwis dadi bubur nanging tresno iki ora bakal luntur

                                      Am
Sak tenane aku iki pancen tresna sliramu

       Em                    Am                                 F                                      G                               C
Ora ana liane sing isa dadi penggantimu wis kanggo awakmu sing cocok ning atiku


Nganti rambutku putih atimu ra bakal krungu

                       Am                                Em                                   F             G             C
Meh sambat kaleh sinten yen sampun makaten.....merana uripku

              F                         G            Em             Am                 F                                        G
Aku welasono kang mas aku mesakno aku ..aku nangis nganti metu eluh getih putih

                       C                               Em              Am                                Em
Sayang apa kowe krungu jerite atiku mengharap engkau kembali

                                  F            G                Em     Am     F       G                C
Sayang nganti memutih rambutku ra bakal luntur tresnoku

            C                                                                   Em
Sayang opo kowe krungu tangise atiku mengharap kowe bali ning njero ati iki

        Am                                                              Em
Nganti rambutku putih eluh dadi getih mbok yo gek dang bali nglakoni tresna suci

           F                                                                        Em                Am
Aku marang sliramu kok ragu ning sliramu aku ra isa ngapusi sak tenane ning ati

             F                                G                            C
Mung kanggo sliramu cintamu tetap abadi selamanya sampai akhir hayat ini

                         Am                                Em                                   F              G            C     
Meh sambat kaleh sinten yen sampun makaten.....merana uripku

               F                         G            Em             Am             F                                             G 
Aku welasono kang mas aku mesakno aku ..aku nangis nganti metu eluh getih putih

                             C                               Em             Am                                   G
Sayang apa kowe krungu jerite atiku mengharap engkau kembali

                                  F             G                 Em       Am     F        G                    C
Sayang nganti memutih rambutku ra bakal luntur tresnoku


Bisa anda cari lagu yang lain, intinya yang mudah-mudah dulu, Untuk sementara kunci gitar dan chord dasar dahulu yang saya sampaikan semoga dapat membantu dan bermanfaat.













Demikianlah Artikel panduan belajar kunci gitar dan chord dasar lengkap dan mudah

Sekian Kunci gitar panduan belajar kunci gitar dan chord dasar lengkap dan mudah, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan Chord gitar lagu kali ini.

Anda sedang membaca artikel panduan belajar kunci gitar dan chord dasar lengkap dan mudah dan artikel ini url permalinknya adalah https://duniachordterbaru.blogspot.com/2017/11/panduan-belajar-kunci-gitar-dan-chord.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "panduan belajar kunci gitar dan chord dasar lengkap dan mudah"

Post a Comment