Anatomi Bagian-Bagian Ukulele

Anatomi Bagian-Bagian Ukulele - Hallo sahabat Chord Gitar Indonesia, Pada sharing Kunci gitar kali ini yang berjudul Anatomi Bagian-Bagian Ukulele, saya telah menyediakan lirik lagu lengkap dengan kord gitarnya dari awal lagi sampai akhir lagu. mudah-mudahan isi postingan kunci gitar yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia chord gitarnya.

Penyanyi : Anatomi Bagian-Bagian Ukulele
Judul lagu : Anatomi Bagian-Bagian Ukulele

lihat juga


Anatomi Bagian-Bagian Ukulele

TUTORIAL GITAR LENGKAP - Anatomi Bagian-Bagian Ukulele. Sebelumnya kita telah membahas tentang pengenalan ukulele untuk pemula, sekarang saatnya kita untuk mempelajari tentang bagian-bagian gitar ukulele. Hal ini sangat berguna untuk anda nantinya jika ingin memperdalam tentang permainan ukulele.

Ukulele terdiri dari beberapa bagian yang saling melengkapi, pertama adalah headstock, neck dan body. Di masing-masing bagian terdapat bagian juga yang saling menyatukan dan berpengaruh satu sama lain. Senar adalah bagian terpenting dari sebuah ukulele. Tanpa kehadiran senar, ukulele tidak akan ada artinya.

Bagian-Bagian Gitar Ukulele


Dibawah ini adalah gambar anatomi bagian-bagian ukulele.
gambar bagian bagian ukulele





































1. Kepala (Headstock)
Bagian kepala ukulele adalah bagian yang terletak paling atas. Pada bagian ini terdapat tuner, nut dan logo merk ukulele dari masing-masing pabrik/brand.

2. Nut
Nut ukulele berfungsi agar senar menjadi nyaring saat dibunyikan

3. Tunner
Tuner ukulele akan menentukan kualitas tuning dari ukulele, karena tuner yang baik akan selalu menjaga agar tuning tidak cepat berubah. Jumlah dari tuner sendiri ada 4 buah, yang masing-masing mewakili 1 senar. Fungsi dari tunner ini adalah untuk menyetem ukulele.

4. Fret
Fret adalah besi melintang pada fingerboard/fretboard. Fret terbuat dari bahan logam. Fungsi dari fret sangatlah vital karena untuk menentukan nada pada senar.

5. Leher (Neck)
Leher gitar adalah tempat tangan kiri kita memegang gitar. Leher gitar yang bagus adalah yang lurus sempurna.

6. Penghubung
Penghubung adalah kayu solid yang digunakan untuk menghubungkan antara leher (neck) dengan badan gitar (body).

7. Badan (Body)
Badan gitar adalah bagian yang paling menonjol pada gitar, karena hampir 80% gitar terdiri dari badan gitar. Bentuk body sangat bervariasi tergantung dari masing-masing pabrik/pembuat.

8. Bridge
Bridge mempunyai fungsi untuk mengaitkan senar gitar pada body gitar. Pada bagian bridge terdapat bantalan putih yang bernama Saddle. Bagian bridge sendiri terbuat dari kayu kualitas terbaik.

9. Soundboard
Soundboard adalah kotak resonansi suara pada ukulele.

10. Lubang Suara
Lubang suara adalah bagian yang digunakan sebagai akses dari soundboard.

11. Senar (String)
Senar gitar juga merupakan hal terpenting dari sebuah gitar, karena gitar belumlah lengkap jika tidak dilengkapi dengan senar. Jenis senar gitar sangatlah beragam karena setiap senar mempunyai karakteristik suara yang berbeda-beda. Ukulele pada umumnya mempunyai 4 senar.

12. Saddle
Saddle adalah bantalah yang terdapat pada bridge gitar. Fungsi dari saddle ini mirip dengan fungsi nut yaitu agar suara senar gitar terdengan nyaring.

13. Fingerboard/Fretboard

Seusuai dengan namanya Fingerboard yang berarti papan jari. Yaitu adalah bagian dimana kita menempatkan jari-jari kita untuk menekan senar pada fret tertentu. Finger board terdapat pada bagian depan dari leher gitar (Neck).


Senar Ukulele

Ukulele mempunyai 4 buah senar yang terbuat dari nylon. Untuk stem standard masing-masing ukulele mempunyai nada yaitu E A D G.

Artikel terkait :


Demikianlah Artikel Anatomi Bagian-Bagian Ukulele

Sekian Kunci gitar Anatomi Bagian-Bagian Ukulele, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan Chord gitar lagu kali ini.

Anda sedang membaca artikel Anatomi Bagian-Bagian Ukulele dan artikel ini url permalinknya adalah https://duniachordterbaru.blogspot.com/2014/10/anatomi-bagian-bagian-ukulele.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Anatomi Bagian-Bagian Ukulele"

Post a Comment