Cara Belajar Gitar Tingkat Dasar

Cara Belajar Gitar Tingkat Dasar - Hallo sahabat Chord Gitar Indonesia, Pada sharing Kunci gitar kali ini yang berjudul Cara Belajar Gitar Tingkat Dasar, saya telah menyediakan lirik lagu lengkap dengan kord gitarnya dari awal lagi sampai akhir lagu. mudah-mudahan isi postingan kunci gitar yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia chord gitarnya.

Penyanyi : Cara Belajar Gitar Tingkat Dasar
Judul lagu : Cara Belajar Gitar Tingkat Dasar

lihat juga


Cara Belajar Gitar Tingkat Dasar

CARAGITAR.com - Cara Belajar Gitar Tingkat Dasar. Jika anda ingin mulai belajar gitar, sebaiknya mulailah dari yang dasar terlebih dahulu baru jika anda sudah menguasai semua dasarnya anda bisa melanjutkan ke tingkat selanjutnya. Pelajara dasar gitar sebetulnya sangatlah mudah, yang terpenting anda harus benar-benar menguasainya.

 Oke langsung saja kita ke pembahasan cara belajar gitar tingkat dasar. Apa yang akan kita pelajari di pelajaran gitar tingkat dasar ini? Yang pertama anatomi gitar, nada dan kunci/chord.


Mulai di bagian pertama yaitu Anatomi Gitar, disini kita akan mempelajari tentang apa itu gitar, seperti apa bentuk gitar, dan spesifikasi lainya.

Apa itu Gitar ?
Menurut artikel di Wikipedia.org penjelasan gitar adalah sebagai berikut :

Gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari maupun plektrum. Gitar terbentuk atas sebuah bagian tubuh pokok dengan bagian leher yang padat sebagai tempat senar yang umumnya berjumlah enam didempetkan. Gitar secara tradisional dibentuk dari berbagai jenis kayu dengan senar yang terbuat dari nilon maupun baja. Beberapa gitar modern dibuat dari material polikarbonat. Secara umum, gitar terbagi atas 2 jenis: akustik dan elektrik.Gitar akustik, dengan bagian badannya yang berlubang (hollow body), telah digunakan selama ribuan tahun. Terdapat tiga jenis utama gitar akustik modern:gitar akustik senar-nilongitar akustik senar-baja, dan gitar archtop. Gitar klasik umumnya dimainkan sebagai instrumen solo menggunakan teknik fingerpickingkomprehensif.Gitar elektrik, diperkenalkan pada tahun 1930an, bergantung pada penguat yang secara elektronik mampu memanipulasi bunyi gitar. Pada permulaan penggunaannya, gitar elektrik menggunakan badan berlubang (hollow body), namun kemudian penggunaan badan padat (solid body) dirasa lebih sesuai. Gitar elektrik terkenal luas sebagai instrumen utama pada berbagai genre musik seperti bluescountryreggaejazzmetalrock, dan berbagai bentuk musik pop.
penjelasan gitar

Bagian - bagian Gitar

gambar bagian gitar

Gitar pada umumnya memiliki 6 dawai/senar, mulai dari yang paling kecil (bawah)/no.1 sampai dengan yang paling besar (atas)/no.6. Baik gitar akustik maupun gitar elektrik, keduanya mempunyai nada yang sama pada senarnya. Yang membedakan adalah tuningnya, disini kita memakai tunning standar.

Nada - nada pada masing masing senar gitar adalah sebagai berikut :
- Senar 1 / paling kecil (paling bawah) bernada E'
- Senar 2 bernada B
- Senar 3 bernada G
- Senar 4 bernada D
- Senar 5 bernada A
- Senar 6 / paling besar (paling atas) bernada E

cara setem gitar

Kunci Gitar
Ini juga merupakan hal terpenting agar anda dapat belajar di pelajaran gitar tingkat menengah, kunci gitar adalah sebuah keharusan yang harus dimiliki dan dikuasai oleh seorang yang ingin belajar gitar. kunci atau chord pada dasarnya adalah gabungan beberapa nada yang menjadi satu dan disebut sebuah chord.

Di pelajaran gitar tingkat dasar ini kita hanya akan mempelajari kunci-kunci dasarnya saja. Dibawah ini adalah bagan/gambar kunci gitar dan cara penerapanya.


Untuk kunci lebih lengkap, klik disini

Nada pada setiap fret gitar
Ini juga bagian dari hal penting lainya yang harus anda kuasai di tingkat dasar ini. Setiap senar mempunyai nada yang berbeda, tergantung dimana letak fret di tekan. Fret sendiri bisa dikatakan adalah kolom-kolom yang dipisahkan oleh besi(fret) pada lengan gitar.

Untuk para basis anda juga memerlukan pelajaran ini. karena ini adalah nada dasar bass. Untuk penjelasanya lihat gambar dibawah ini.

nada pada fret gitar

Yang terpenting dari semuanya jika anda ingin cepat menguasai permainan gitar adalah belajar dan belajar, Latihan merupakan hal yang bisa dilakukan di waktu senggang anda.

Itu saja yang bisa saya sampaikan di pelajaran gitar tingkat dasar ini. Jika anda sudah menguasai semua materi diatas, maka bisa dikatakan anda sudah lolos pelajaran gitar tingkat dasar dan bersiap untuk melanjutkan pelajaran gitar tingkat menengah.

Cara belajar gitar tingkat menengan > http://www.caragitar.com/2014/09/cara-belajar-gitar-tingkat-menengah.html

Terima kasih telah membaca artikel ini. Jika ada hal yang ingin anda tanyakan silahkan tinggalkan komentar anda dibawah. Dan kami terima juga kritik dan saran dari anda agar artikel ini menjadi lebih baik lagi.

Artikel terkait :



Demikianlah Artikel Cara Belajar Gitar Tingkat Dasar

Sekian Kunci gitar Cara Belajar Gitar Tingkat Dasar, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan Chord gitar lagu kali ini.

Anda sedang membaca artikel Cara Belajar Gitar Tingkat Dasar dan artikel ini url permalinknya adalah https://duniachordterbaru.blogspot.com/2014/09/cara-belajar-gitar-tingkat-dasar.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Cara Belajar Gitar Tingkat Dasar"

Post a Comment